Thursday, October 7, 2010

Pengalaman membuat Sistem Informasi

Sebelum masuk ke curhatan pengalaman ada baiknya kita kenalan dulu dengan SI alias Sistem Informasi. ya sedikit banyak contekan dari wiki alias wikipedia.org dan lain-lain, Sistem Informasi itu terdiri dari 2 suku kata yaitu SISTEM dan INFORMASI. Adapun pengertian Sistem adalah gabungan dari beberapa Sub, elemen, bisa juga berarti kumpulan dari beberapa bagian yang mempunyai tujuan tertentu dan berkesinambungan atau berkaitan satu sama lain. Sedangkan Informasi adalah sesuatu yang menghubungkan antara satu elemen ke elemen lain, satu tempat ke tempat lain, satu orang ke orang dimana terdapat proses di dalamnya dan menghasilkan output.

Jadi sistem informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang saling berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input-proses-output yang berhubungan dengan pengolaan informasi (data yang telah dioleh sehingga lebih berguna bagi user).

Langsung ke sesi curhat, pada tulisan kali ini mengenai pengalaman gue membuat sistem informasi sederhana pada sebuah restaurant jepang dengan menggunakan diagram use case pada aplikasi winbrello seperti berikut ini :


Pada diagram di atas dijelaskan bagaimana sistem informasi itu berlangsung. pertama order dilakukan dari pelanggan kepada pelayan. lalu pelanggan bergeser ke arah kasir . di kasir terjadi interaksi antara kasir dengan pelanggan , kasir akan menanyakan jumlah pesanan jenis pesanan, dan tambahan lainnya. pada saat proses itu terjadi terkadang terjadi percakapan antara kasir dan pelayan mengenai kelengkapan pesanan yang belum siap dan harus di antar. apabila stock makanan kurang atau habis, maka koki akan berinteraksi dengan pelayan di depan.

kurang lebih begitulah sistem informasi singkat yang sangan sederhana yang pernah saya buat. kenapa saya bilang sangat sederhana, karena sistem informasi yang saya buat ,masih sangat dasar dan banyak sekali tambahan yang harus ada pada gambar di atas, namun karena baru saja perkenalan dengan winbrello maka hanya ini yang bisa saya buat, mungkin next time saya akan kembangkan tulisan ini menjadi lebih lengkap lagi. sampai jumpa ditulisan berikutnya .. ;)

No comments:

Post a Comment